Sabtu, 26 Januari 2013

Churros, Sarapannya Para Matador

Churros, donat Spanyol
 Tekstur luarnya sedikit renyah, walau tak serenyah keripik. Sementara bagian dalamnya agak lembut. Aromanya manis, walaupun rasanya tidak terlalu manis. Bentuknya mirip cheese stick hanya saja ukurannya lebih besar serta agak keriting. Warnanya kuning kecokelatan, serta agak sedikit berminyak, lantaran diolah dengan cara digoreng. Dan orang-orang berlidah latin, menyebutnya churros.
 Churros dikenal juga sebagai Spanish Doughnut atau Donat Spanyol. Entah apa yang membuat churros mendapat julukan seperti itu. Padahal bentuk dan teksturnya pun tidak sama, mirip pun tidak. Kecuali, julukan tersebut didapat karena prosesnya yang sama, yakni sama-sama digoreng sampai warnanya kuning kecokelatan.
pedagang churros di
 Guadalajara
 Apapun alasannya, yang jelas churros bisa dijadikan rekomendasi sebagai teman nongkrong atau jajan cantik, khususnya di restoran yang menawarkan kuliner khas Spanyol. Ambil saja contoh di Soleluna, restoran berkonsep Spanyol yang ada di Jalan Sumatera No. 24, Bandung. Atau kalau sedang jalan-jalan di Braga, bisa mampir ke Sugarush untuk mencicipi churros.
 Pada umumnya, churros dinikmati ketika pagi hari. Para warga negeri Matador kerap menggunakannya sebagai sarapan, sehingga churros bisa dengan mudah ditemukan di cafe. Meskipun begitu, churros yang sudah dikenal hingga ke Amerika ini juga biasanya dijajakan di pinggir jalan oleh para pedagang kaki lima.
 Selain itu, churros juga biasa disajikan bersama pelengkapnya, yakni lelehan cokelat bertekstur lembut. Paduan tekstur churros dan cokelat inilah, yang pada akhirnya menciptakan kombinasi rasa manis yang membuat orang ketagihan.
 Sebenarnya, rasa manis yang keluar bukan diperoleh dari cokelatnya. Cokelat yang dihidangkan pun rasanya tidak terlalu manis. Rasa manis untuk hidangan yang satu ini, diperoleh dari gula tepung yang ditaburkan di atas churros. Hasilnya? Sebaiknya dicicip sendiri...
 Sebagai tambahan informasi, churros juga bukan hanya menjadi kuliner milik bangsa Spanyol. Pasalnya, ada pula churros dari Mexico.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar